Beranda | Artikel
Bacaan Dzikir Sore - Mensyukuri Nikmat Ukhrawi
Rabu, 5 Januari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 30 Jumadil Awal 1443 H / 3 Januari 2022 M.

Kajian Tentang Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi

Di antara bacaan yang dianjurkan untuk rutin kita baca di sore hari, yaitu bacaan:

أَمْسَيْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ، حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

“Sore ini kami berpegang dengan fitrah Islam, dan berpegang dengan kalimat tauhid, dan berpegang dengan agama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan berpegang dengan agama ayah kita Ibrahim yang tegak di atas jalan yang lurus dan tunduk, dan beliau tidak termasuk golongan kaum musyrikin.” (HR. Ahmad)

Dalil landasan dibacanya dzikir ini setiap sore adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan sanadnya dinilai Shahih oleh Imam Al-Iraqi dan Syaikh Al-Albani, dari seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bernama Abdurrahman bin Abza Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu. Beliau menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila masuk waktu sore maka beliau membaca dzikir tadi.

Inti dari dzikir ini adalah kita diajak oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk merenungi nikmat yang Allah berikan kepada kita, terutama nikmat-nikmat yang bersifat ukhrawi. Dimana nikmat ukhrawi ini lebih mahal dari nikmat duniawi. Hal ini karena nikmat ukhrawi diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang dicintai olehNya.

Nikmat duniawi ketika diberikan kepada seseorang, itu tidak serta-merta menjadi bukti bahwa orang itu dicintai sama Allah. Tapi kalau kita ingin tahu seseorang dicintai oleh Allah atau tidak, maka lihat orang itu diberi nikmat ukhrawi sama Allah atau tidak.

Setiap sore dan pagi kita diajak untuk merenungi nikmat-nikmat yang bersifat ukhrawi. Hal ini supaya kita tergerak untuk bersyukur. Karena seringkali hidup seseorang tidak nyaman karena kurang syukur. Kalau hidup kita terasa sempit, tidak tenang, gelisah, itu biasanya karena kurang syukur.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51273-bacaan-dzikir-sore-mensyukuri-nikmat-ukhrawi/